Waspada! Ini Dua Jenis Penyakit Herpes yang Umum Terjadi

Klinik Utama Sentosa, Jakarta - Penyakit herpes merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi pada sebagian orang, baik pada pria maupun wanita. Kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan juga gejala yang cukup mengganggu. Namun, tahukah kamu kalau terdapat dua jenis penyakit herpes yang umum terjadi? Cek penjelasannya di bawah ini yuk!

Dua Jenis Penyakit Herpes yang Umum

1. Herpes Genital: Menular Melalui Kontak Seksual

Herpes genital di sebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2), dan pada beberapa kasus, kondisi ini juga dapat di sebabkan oleh HSV tipe 2. Penyakit ini ditularkan melalui kopntak seksual dan kontak langsung dengan luka atau cairan dari penderitanya. Gejala utama herpes genital dapat melibatkan munculnya lepuh kecil, nyeri, atau gatal di area genital, dan terkadang di sertai dengan gejala lainnya.

2. Herpes Zoster: Penyakit yang Berkaitan dengan Cacar Air

Herpes zoster atau di sebut juga dengan herpes ular, merupakan salah satu penyakit kulit yang di sebabkan oleh virus varicella-zoster, yang juga menyebabkan cacar air. Setelah seseorang pulih dari cacar air, virus tetap berada dalam tubuh dan dapat menyebabkan herpes zoster bertahun-tahun kemudian. Penyakit ini biasanya mempengaruhi orang dewasa dan terutama mereka dengan sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Pencegahan dan Perawatan

1. Herpes Genital:

  • Gunakan kondom saat berhubungan seksual.
  • Hindari kontak dengan area yang terinfeksi.
  • Konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk pengobatan dan manajemen gejala.

2. Herpes Zoster:

  • Pertimbangkan vaksinasi, terutama jika berusia di atas 50 tahun.
  • Cari pengobatan segera setelah gejala muncul untuk mengurangi risiko komplikasi.

Kesimpulan

Penting untuk menyadari gejala dan risiko penyakit herpes serta melakukan langkah-langkah pencegahan yang tepat. Konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk diagnosis dan penanganan lebih lanjut. Kesadaran dan tindakan pencegahan dapat membantu mengurangi penyebaran herpes dan meningkatkan kesehatans eksual secara keseluruhan.

Sumber: Klinik Utama Sentosa

Jika Anda mengalami kondisi ini, Anda dapat menghubungi dokter melalui layanan konsultasi online di Klinik Utama Sentosa. Layanan ini dapat Anda akses melalui chat online, telepon, atau whatsapp ke nomor berikut 0812-1230-6885 secara gratis dan tersedia 24 jam.

https://sentosaklinik.com/ini-jenis-penyakit-herpes-yang-umum-terjadi-di-indonesia-cek-disini-sekarang/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Dia 5 Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Pada Pria

5 Minuman Sehat yang Dapat Meningkatkan Libido Pria, Cek Yuk!

Simak! Inilah Risikonya Jika Penyakit Sifilis Tidak Diobati